Merancang Desain Rumah Sendiri

Prinsip pertama: adalah garis. Ada dua bentuk garis yaitu vertikal dan horisontal. Secara Ekstrim, desain rumah dapat menggunakan salah satu sebagai corak dasar desain rumah. Artinya, ada bangunan dengan corak horisontal yang kuat. Ada juga bangunan dengan corak vertikal yang kuat. Perhatikan 2 contoh gambar berikut.
Rumah dengan corak horisontal memberi kesan lembut, bersih dan menciptakan atmosfir yang tenang. Sementara rumah dengan garis vertikal menimbulkan kesan solid dan formal.
Selain vertikal dan horisontal, tentu ada jenis garis yang lain seperti miring, atau lengkungan. Tetapi intinya, Anda harus dapat membuat salah satu garis sebagai tema rumah secara  konsisten berirama dan harmonis. Memadukan garis vertikal dan horisontal untuk Anda yang awam arsitektur akan sangat beresiko. Karena itu saran saya, sebaiknya Anda memilih dominasi vertikal atau horisontal pada rumah Anda sendiri.
 

Bangunan Gedung resiko terkena Gempa

Indonesia adalah negara kepulauan dengan tingkat resiko terhadap gempa bumi yang cukup tinggi, hal ini disebabkan karena wilayah kepulauan Indonesia berada di antara 4 (empat) sistem tektonik yang aktif. Yaitu tapal batas lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, lempeng Filipina dan lempeng Pasifik. Di samping itu Indonesia adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang di dunia sehingga selain rawan terhadap gempa juga rawan terhadap tsunami.
clip_image002
Berikut ini adalah peta gempa yang digunakan dalam Peraturan Gempa untuk Gedung di Indonesia tahun 2002 dengan judul Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung SNI-1726.
 

Tangga Precast

Precast atau beton pra-cetak, apa itu ?
Sama nggak dengan beton pra-tegang ? Ya nggak dong, karena bisa ada beton pra-cetak pra-tegang, tetapi bisa juga ada beton pra-cetak biasa saja (bukan pra-tegang).
Beton pra-cetak menunjukkan bahwa komponen struktur beton tersebut : tidak dicetak atau dicor ditempat komponen tersebut akan dipasang. Biasanya ditempat lain, dimana proses pengecoran dan curing-nya dapat dilakukan dengan baik dan mudah. Jadi komponen beton pra-cetak dipasang sebagai komponen jadi, tinggal disambung dengan bagian struktur lainnya menjadi struktur utuh yang terintegrasi.
Karena proses pengecorannya di tempat khusus (bengkel frabrikasi), maka mutunya dapat terjaga dengan baik. Tetapi agar dapat menghasilkan keuntungan, maka beton pra-cetak hanya akan diproduksi jika jumlah bentuk typical-nya mencapai angka minimum tertentu, sehingga tercapai break-event-point-nya.
 

Pondasi Umpak dan Sloof Precast

Pada bangunan rumah tinggal sederhana (1 lantai) umumnya menggunakan pondasi batu kali atau pondasi setempat sebagai sistem pondasinya. Bentuk / ukuran dari pondasi tersebut biasanya tidak terlalu besar mengingat beban untuk rumah sederhana tidak sebesar dibandingkan bangunan bertingkat 2 atau lebih.
Pada proyek ini terdapat direksi keet (kantor lapangan) yang berbentuk bangunan semi permanen. Ada yang menarik ketika membangun direksi keet proyek ini, yaitu sloof dan pondasinya yang di precast. Mungkin terdengar aneh, sehingga muncul pertanyaan “Untuk apa sloof dan pondasi di precast?” atau justru “sloof dan pondasi precast, itu sih biasa”. Ya semua itu semua adalah pendapat masing-masing.
Bagi saya, melihat sloof dan pondasi di precast ketika membangun direksi keet ini adalah sesuatu yang cukup unik, sehingga saya merasa perlu untuk menceritakannya disini.
Dengan direksi keet yang terdiri dari 5 bangunan utama, precast pondasi ini cukup efisien untuk dilaksanakan. Bayangkan untuk membangun sloof direksi keet seperti ini.
Hanya dibutuhkan bekisting seperti ini.
Selain itu sistem precast ini membuat pekerjaan jauh lebih cepat, karena pondasi dan sloof sudah diproduksi terlebih dahulu, sehingga pada saat lahan siap untuk dikerjakan, sloof dan pondasi tinggal install dilapangan.
 

Bentuk-bentuk Atap rumah

Atap rumah mungkin menjadi elemen yang paling membedakan rumah Anda, dengan rumah di sekelilingnya. Dengan kata lain atap memberi pengaruh besar pada tampilan atau gaya rumah. Karena atap rumah dibuat untuk memenuhi fungsi tertentu, baiklah kalau anda mengenal model atap yang umum dikenal, bagaimana bentuknya, detailnya dan designnya.
Kalau Anda sekarang sedang ingin membangun atau merenovasi rumah, ingatlah pilihan model atap akan sangat mempengaruhi biaya bangun rumah atau renovasi rumah. Apa lagi, pilihan atap tersedia dari berbagai bahan material.
Ada dua bentuk dasar atap rumah yang paling sering dipakai, yaitu atap pelana (gable roof) dan perisai (hip roof). Berikut adalah sketsa dari kedua jenis atap tersebut.
 

Scafolding


Scaffolding adalah alat bantu yang digunakan sebagai penopang semenatara sebelum struktur utama selesai dan siap digunakan. Berikut adalah ilustrasi bagian-bagian dari scaffolding.


Notes :
U Head sangat tidak dianjurkan untuk digunakan di bagian bawah sebab akan merusak U Head-nya. Jika sudah rusak sulit untuk mengembalikannya seperti semula.

Bagian U Head dan Jack Base di atur ketinggiannya.
sumber http://konstruksiplus.blogspot.com
 

Gambar-gambar konstruksi

Sebelum masa pembangunan, sebuah bangunan gedung akan melalui tahap perencanaan Sebagai alat komunikasinya digunakanlah gambar-gambar yang memberikan ilustrasi tentang gedung tersebut nantinya. Selain untuk menampilkan wujud fisik bangunannya, gambar-gambar ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan struktur bangunan dan sistem utilitas di dalamnya sehingga selain bangunan tersebut terlihat indah, juga aman dan nyaman untuk ditempati.
Semakin rumit wujud dan fungsi bangunan, maka akan semakin banyak gambar yang dibutuhkan sehingga memudahkan dalam pelaksanaan konstruksi nantinya.
Selama proses perencanaan hingga selesainya pekerjaan, dikenal beberapa jenis gambar, yaitu :

1. Gambar PERENCANAAN
Adalah gambar yang dihasilkan dari pemikiran dari para perencana seperti arsitek, engineer struktur, mekanikal dan elektrikal. Gambar perencanaan merupakan imajinasi dari para
 

Perbandngan Dinding Batako dan Dinding Bata

Perbandingan dinding batako dan dinding bata merah, memang dari sisi harganya sangat berbeda, karena dinding batako lebih murah dan ukurannya lebih besar sehingga banyak perumahan yang menggunakan material ini untuk menekan harga bangunan.
Tetapi dari sisi kekuatan, batako yang dibuat dari campuran tras, kapur dan semen yang dicetak tanpa melalui proses pembakaran memang lebih rentan dibandingkan dengan bata merah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Selain itu karena bagian dalamnya kosong membuat kekuatannya pun menjadi berkurang .
Batako memang merupakan material alternatif untuk menekan harga bangunan karena penggunaan batako yang dimensinya lebih besar (umumnya 10x20x40 cm) dari bata merah (umumnya 5x10x20 cm) bisa menghemat plesteran hingga 75 persen dan mengurangi beban dinding hingga 50 persen sehingga konstruksi bangunan pun menjadi ringan. Pengerjaannya pun lebih cepat karena ukurannya lebih besar dari bata merah. Kelebihan lainnya, karena permukaannya sudah rata, dinding batako sering diekspos sehingga tidak memerlukan plesteran dan acian lagi.

sumber http://www.eramuslim.com
              layanan design rumah klik disini yaaa!!
 

Perbandingan Analisa Galian Tanah

Dalam Pekerjaan Galian Tanah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu Pekerjaan Galian Tanah secara manual (dengan tenaga manusia ) dan dengan menggunakan Alat Berat. 
Kali ini akan saya bahas tentang Harga 1 m3
Contoh Perhitungannya. Sama dengan Galian tanah Manual, Harga 1 m3 Galian tanah dengan menggunakan Alat Berat ditentukan dari perhitungan berdasarkan analisa Pekerjaan Galian dengan Alat Berat yang telah baku sesuai dengan analisa BOW atau Analisa SNI. Data - data yang diperlukan untuk menghitung Harga 1 m³ Galian tanah dengan Alat Berat adalah :
Contoh Perhitungan Harga 1 m³ Galian tanah dengan Alat Berat

Data - data yang diperlukan ;
  • Harga Satuan Upah Pekerja : Rp. 28.000,oo
  • Harga Satuan Upah Mandor : Rp. 50.000,oo
  • Harga Operasional Excavator tiap jam atau Sewa : Rp. 276.000,00
  • Harga Operasional Dumptruck 5 Ton tiap jam atau Sewa : Rp. 211.000,00
Analisa Pekerjaan Galian Tanah dengan Alat Berat/m³
Tenaga Kerja :
0,2260 hr Pekerja x Harga Satuan Upah Pekerja
0,0070 hr Mandor x Harga Satuan Upah Mandor

Alat Berat:
0,0760 Jam / Excavator x Harga Satuan Sewa Alat
0,0740 Jam / Dumptruck 5 Ton x Harga Satuan Sewa Alat

setelah dimasukkan Harga Satuan Upah dan Alat sehingga menjadi ;
Tenaga Kerja :
0,2260 hr Pekerja x Rp. 28.000,oo = Rp. 6.328,00
0,0070 hr Mandor x Rp. 50.000,oo = Rp. 350,oo
Total Upah = Rp. 6.678,oo.....................(1)

Alat Berat:
0,0760 Jam / Excavator x Rp. 276.000,00 = Rp. 20.976,oo
0,0740 Jam / Dumptruck 5 Ton x Rp. 211.000,00 = Rp. 15.614,00
Total Alat = Rp. 36.590,00....................(2)

Total (1) + (2) = Rp. 43.200,oo
Jadi Harga 1 m³ Galian Tanah dengan Alat Berat adalah Rp. 43.200,oo

Untuk mengetahui Harga Total Galian ;

Harga Satuan Galian tiap m³ x Volume Galian

Cara Menghitung Volume Galian =
Panjang galian x lebar galian x dalam galian = Volume Galian

Cara Perhitungan Harga 1 m³ Galian Tanah dengan Alat Berat ini juga bisa diterapkan untuk Pekerjaan Galian Saluran, Galian Pondasi.
Semoga bermanfaat


sumber http://catatantukang.blogspot.com
 

Metode perhitungan Alat berat pada Galian tanah



•DATA.
1.Volume galian tanah ( luas tanah 1.358,5 m2 dengan kedalaman 11.15 m ) = 15.148 M3
2.Volume rata – rata Layer ( dibagi menjadi 4 layer- 3 jalur ground anchor )
= 15.148 / 4
= 3.787 m3 / layer
3.Waktu kerja perlayer sesuai jadwal ditetapkan = 65/4 = 16 hari

4.Sehingga di dapat volume galian tiap layer per hari
= 3.787 / 16
= 236.6 m3
•HITUNGAN
A. Jumlah Backhoe pada saat menggali tiap layer
1.Waktu Kerja rata rata
= pk. 08.00 s/d pk. 22.00 = 12 jam
2.Volume galian = 236.6 x 20% = 296 m3 / layer / hari
3.Kapasitas back hoe pada saat menggali dalam kondisi tanah padat
= 1 m3 per 2,5 menit sehingga didapat = 24 m3/jam
4.Sehingga kapasitas Back hoe tiap hari ( 12 jam )
= 12 x 24 m3 = 288 m3 / hari
5.Keperluan Backhoe untuk pekerjaan galian per zona
= 280 / 295 m3 = 1 unit

B. Jumlah Back hoe pada saat loading tanah
1.Waktu Kerja rata rata ( dilaksanakan setelah pek galian tanah padat)
= pk. 22.00 s/d pk. 04.00 = 6 jam
2.Volume loading tanah = 296.6 m3 / layer / hari
3.Kepasitas back hoe pada saat loading tanah keatas truck
= 1 menit / 0,75 m3 sehingga didapat = 45 m3/jam
4.Sehingga didapat Kapasitas Backhoe pada saat loading ( 6 jam )
= 6 x 45 m3 = 270 m3
Keperluan Backhoe untuk per layer
= 296.6 / 270 m3 = 2 unit
C. Perhitungan Dump Truck tiap Zona
1.Waktu kerja rata rata (Buangan tanah dilaksnakan pada malam hari)
= pk. 22.00 s/d pk. 04.00 = 6 jam
2.Kapasitas Dump truckpada kondisi loose = 12 m3 / truck
3.Jumlah jam dari area proyek ke area buangan ( daerah Muara Karang ) = 4 jam ( PP )
4.Sehingga jumlah TRIP yang dapat dicapai
= 6 / 4 =1,5 Trip
Volume buangan tiap hari = 290 m3 / Layer / hari
a.Jumlah Dump truck yang diperlukan = 296.6 / 12 = 25 unit
b.Jumlah Dump truck tiap hari ( 6 jam ) = 25 / 1,5 = 17 unit / hari

KESIMPULAN :
Kebutuhan Tiap Layer ( 290 m3 )
1.Jumlah Back Hoe tiap Layer = 2 bh ( dapat digunakan/didatangkan secara bertahap)
2.Jumlah Dump truck ( kap angkut ± 12 m3 ) = 17 bh
3.Jam kerja
Alat BackHoe pada saat menggali = pk 08.00 s/d 22.00 wib
Alat BackHoe pada saat loading = pk 22.00 s/d 04.00 wib
Alat Dump Truck = pk 22.00 s/d 04.00 wib
4. Waktu kerja = 16 hari
5. Total waktu galian keseluruhan = 65 hari

sumber http://proyek2proyek.blogspot.com
 

Standart Pondasi Batu kali untuk rumah tinggal

Pondasi bangunan adalah bagian dari bangunan yang berfungsi menerima beban bangunan untuk di teruskan ke tanah dasar, jenis pondasi ada beberapa macam tergantung dari kondisi tanah dan jenis bangunan yang ada.

Disini akan dibahas mengenai jenis pondasi berupa Pondasi pasangan batu kali, pondasi ini biasa digunakan untuk bangunan 1 lantai dengan konstruksi standart ( jenis beban yaitu : dinding s/d atap genteng dengan kondisi tanah bagus ).

Komposisi pasangan :
  • Urugan pasir , setebal 10 cm pada bagian bawah
  • Pasangan aanstamping / batu kosong setebal 20 cm diatas urugan pasir
  • Pasangan batu kali bentuk trapesium dengan campuran batu kali/gunung + pasir + semen PC dan kapur, biasanya dipakai komposisi 1PC  : 3KPR  : 10 PSR dengan ketinggian 1 m s/d 1,5 m ( bisa lebih tergantung kontur tanah )
  • Llebar atas miniman 30 cm, lebar bawah tergantung ketinggian ( makin tinggi makin lebar )
Tahapan dalam pelaksanaan :

PEKERJAAN TANAH
  1. Pembongkaran dan Pembersihan
  2. Pembersihan lapangan pekerjaan dilakukan dengan membuang rumput/tanah, sampah atau bahan lainnya yang mengganggu, menebang pohon-pohon dan mencabut akarnya serta membuang keluar lokasi.
  3. Galian tanah untuk pondasi disesuai dengan ukuran dalam gambar atau sampai tanah keras. Apabila diperlukan untuk memadatkan daya dukung yang baik, dasar galian harus dipadatkan / ditumbuk.
  4. Jika galian melebihi batas kedalaman harus menimbun kembali dan dipadatkan sampai kepadatan maksimum.
  5. Hasil galian yang dipakai untuk penimbunan harus diangkat langsung ketempat yang direncanakan . Sedangkan hasil galian yang tidak dapat dipakai untuk penimbunan harus disingkirkan.
  6. Harga satuan pekerjaan harus sudah mencakup semua biaya pekerjaan-pekerjaan, pembersihan, sewa alat, penimbunan dan pembuangan hasil galian.

PEKERJAAN PONDASI
  1. Pondasi bangunan yang digunakan adalah  pondasi batu kali / batu gunung yang memenuhi persyaratan teknis atau sesuai  keadaan dilapangan .
  2. Pasangan pondasi adalah dari batu kali, ukuran pondasi sesuai dengan gambar rencana pondasi atau pondasi batu belah dengan perekat 1pc : 3kp :  10 ps dan kemudian diplester kasar , bagian  bawah  pondasi dipasang batu kosong (aanstamping) tebal 20 cm dengan sela- selanya disisi  pasir urug, disiram air sampai Penuh dan ditumbuk hingga padat dan rata.
 

BETON RINGAN (Autoclaved Aerated Concrete/ AAC)

Latar Belakang Dengan semakin pesatnya pertumbuhan pengetahuan dan teknologi di bidang konstruksi yang mendorong kita lebih memperhatikan standar mutu serta produktivitas kerja untuk dapat berperan serta dalam meningkatkan sebuah pembangunan konstruksi dengan lebih berkualitas. Diperlukan suatu bahan bangunan yang memiliki keunggulan yang lebih baik dibandingkan bahan bangunan yang sudah ada selama ini. Selain itu bahan tersebut harus memiliki beberapa keuntungan seperti bentuk yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, spesifikasi teknis dan daya tahan yang kuat, kecepatan pelaksanaan konstruksi serta ramah lingkungan. Jenis bahan bangunan pada bangunan konstruksi tersebut sangat bervariasi misalnya beton, pasir, kerikil.
 

Beton Precast

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PRACETAK
Beton adalah material konstruksi yang banyak dipakai di Indonesia, jika dibandingkan dengan material lain seperti kayu dan baja. Hal ini bisa dimaklumi, karena bahan-bahan pembentukannya mudah terdapat di Indonesia, cukup awet, mudah dibentuk dan harganya relative terjangkau. Ada beberapa aspek yang dapat menjadi perhatian dalam sistem beton konvensional, antara lain waktu pelaksanaan yang lama dan kurang bersih, control kualitas yang sulit ditingkatkan serta bahan-bahan dasar cetakan dari kayu dan triplek yang semakin lama semakin mahal dan langka.
Sistem beton pracetak adalah metode konstruksi yang mampu menjawab kebutuhan di era ini. Pada dasarnya system ini melakukan pengecoran komponen di tempat khusus di permukaan tanah (fabrikasi), lalu dibawa ke lokasi (transportasi ) untuk disusun menjadi suatu struktur utuh (ereksi). Keunggulan system ini, antara lain mutu yang terjamin, produksi dan pembangunan yang cepat, ramah lingkungan dan rapi dengan kualitas produk yang baik.
Sistem pracetak telah banyak diaplikasikan di Indonesia, baik yang sistem dikembangkan di dalam negeri maupun yang didatangkan dari luar negeri. Sistem pracetak yang berbentuk komponen, seperti tiang pancang, balok jembatan, kolom plat pantai.
PERKEMBANGAN SISTEM PRACETAK DI DUNIA
Sistem pracetak berkembang mula-mula di negara Eropa. Struktur pracetak pertama kali digunakan adalah sebagai balok beton precetak untuk Casino di Biarritz, yang dibangun oleh kontraktor Coignet, Paris 1891. Pondasi beton bertulang diperkenalkan oleh sebuah perusahaan Jerman, Wayss & Freytag di Hamburg dan mulai digunakan tahun 1906. Tahun 1912 beberapa bangunan bertingkat menggunakan system pracetak berbentuk komponen-komponen, seperti dinding .kolom dan lantai diperkenalkan oleh John.E.Conzelmann.
Struktur komponen pracetak beton bertulang juga diperkenalkan di Jerman oleh Philip Holzmann AG, Dyckerhoff & Widmann G Wayss & Freytag KG, Prteussag, Loser dll. Sstem pracetak taha gempa dipelopori pengembangannya di Selandia Baru. Amerika dan Jepang yang dikenal sebagai negara maju di dunia, ternyata baru melakukan penelitian intensif tentang system pracetak tahan gempa pada tahun 1991. Dengan membuat program penelitian bersama yang dinamakan PRESS ( Precast seismic Structure System).
 

Persiapan sebelum merenovasi rumah





ImageRenovasi rumah atau kegiatan memperbaharui dan memperbaiki rumah adalah sebuah langkah awal untuk meningkatkan fungsi dan nilai sebuah hunian. Disamping mengantisipasi segala permasalahan seputar rumah, berbagai hal dalam renovasi rumah seperti misalnya memperluas ruangan, mengganti ornament interior atau mengubah konsep dan bentuk bangunan semata-mata adalah bagian dari keputusan si pemilik rumah dengan maksud agar perubahan atau perbaikan yang diinginkan menjadi lebih baik dari sebelumnya.     “ Alasan melakukan renovasi bisa beragam. Seperti bertambahnya jumlah anggota keluarga, lahan yang dimiliki masih luas, mengikuti tren baru, dan lain sebagainya. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, ada baiknya memperhatikan beberapa aspek sebagai bagian pendukung upaya perencanaan agar perubahan yang kita lakukan nantinya sesuai dengan keinginan dan anggaran yang kita siapkan.
 

Hukum Islam menyembelih hewan sebelum membangun rumah

Ini adalah perbuatan syirik kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan menyembelih untuk jin, karena dia menyembelih untuk danyang rumah tersebut. Atau ketika membuat proyek atau pabrik, pertama kali yang dilakukannya adalah menyembelih. Mereka mengatakan: Ini akan memberi manfaat kepada pabrik ini. Hal ini adalah termasuk syirik kepada Allah, karena menyembelih untuk jin dan berkeyakinan untuk jin. Mereka (para jin) yang menyuruh dan membisikkan mereka bahwa sembelihan ini akan bermanfaat untuk mereka. Dan barangsiapa yang menyembelih untuk selain Allah maka dia telah menyekutukan Allah. Dalam hadits disebutkan,
لَعَنَ اللهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللهِ
Laknat Allah bagi orang yang menyembelih untuk selain Allah.”
Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
قُلْ إِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Katakanlah: “Sesungguhnya shalatku, nusukku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”(Al-An’aam: 162)
Nusuk adalah sembelihan yang dibarengkan (penyebutannya) dengan shalat; seorang manusia sebagaimana dia tidak melakukan shalat kepada selain Allah maka dia juga tidak menyembelih untuk selain Allah. Allah berfirman,
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah.” (Al-Kautsar: 2)
Maka berkurban adalah ibadah yang tidak dibolehkan kecuali hanya untuk Allah.

Penulis: Syaikh Shalih bin Fauzan bin ‘Abdillah Al-Fauzan hafizhahullaah
Majalah Ad-Da’wah, no. 2091, 16 Rabi’ul Akhir 1428H.
 

Penemuan Pondasi Cakar Ayam

pondasi-catg.jpgPeranan pondasi turut menentukan usia dan ke stabilan suatu konstruksi bangunannya. Dalam dekade terakhir ini sistem pondasi telah berkembang dengan bermacam variasi. Tapi hanya sedikit yang menampil kan sistem pondasi untuk mengatasi masalah membangun konstruksi di atas tanah lembek.
Sistem pondasi yang konvensional, cenderung hanya di sesuaikan dengan besarnya beban yang harus didukung, tapi kurang mempertimbangkan kondisi tanah lembek. Akibatnya, bangunan itu mengalami penyusutan usia atau ketidakstabilan, seperti penurunan, condong, bahkan roboh. Hal itu tentu merugikan pemilik dan kontraktor bersangkutan.
Perlakuan yang seimbang antara beban dan kondisi tanah lembek perlu dipecahkan. Problema ini pernah dihadapi oleh Prof Dr Ir Sedijatmo tahun 1961, ketika sebagai pejabat PLN harus mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol Jakarta.
Dengan susah payah, 2 menara berhasil didirikan dengan sistem pondasi konvensional, sedangkan sisa yang 5 lagi masih terbengkelai. Menara ini untuk menyalurkan listrik dan pusat tenaga listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan dimana akan diselenggarakan pesta olah raga Asian Games 1962.
Karena waktunya sangat mendesak, sedangkan sistem pondasi konvensional sangat sukar diterapkan di rawa-rawa tersebut, maka dicarilah sistem baru untuk mengatasi masalah itu. Lahirlah ide Ir Sedijatmo untuk mendirikan menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung oleh pipa-pipa beton di bawahnya. Pipa dan plat itu melekat secara monolit (bersatu), dan mencengkeram tanah lembek secara meyakinkan.
Oleh Sedijatmo, hasil temuannya itu diberi nama sistem pondasi cakar ayam. Perhitungan yang dipakai saat itu (1961), masih kasar dengan dimensi 2,5 kali lebih besar dibanding dengan sistem pondasi cakar ayam yang diterapkan sekarang. Meski begitu, ternyata biayanya lebih murah dan waktunya lebih cepat daripada menggunakan tiang pancang biasa. Menara tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dan tetap kokoh berdiri di daerah Ancol yang sekarang sudah menjadi ka wasan industri. 
Dasar pemikiran.
Pondasi cakar ayam terdiri dan plat beton bertulang dengan ketebalan 10-15 cm, tergantung dari jenis konstruksi dan keadaan tanah di bawahnya.
Di bawah plat beton dibuat sumuran pipa-pipa dengan jarak sumbu antara 2-3 m. Diameter pipa 1,20 m, tebal 8 cm, dan panjangnya tergantung dari beban di atas plat serta kondisi tanahnya. Untuk pipa dipakai tulangan tunggal, sedangkan untuk plat dipakai tulangan ganda.
“Sistem pondasi ini bisa diterapkan pada tanah lunak maupun tanah keras. Tapi menurut pengalaman, lebih ekonomis bila diterapkan atas tanah yang berdaya dukung 1,5 sampai 4 ton per meter persegi.
 

Jenis-jenis pondasi

Setiap bangunan sipil , seperti gedung, jembatan, jalan raya, terowongan, dinding penahan, menara, tanggul, harus mempunyai pondasi yang dapat mendukungnya.

Pondasi harus diperhitungkan untuk dapat menjamin kestabilan Bangunan terhadap berat sendiri, beban - beban bangunan, gaya-gaya luar seperti: tekanan angin,gempa bumi, dan lain-lain. Disamping itu, tidak boleh terjadi penurunan melebihi batas yang diijinkan.

Agar Kegagalan fungsi pondasi dapat dihindari, maka pondasi Bangunan harus diletakkan pada lapisan tanah yang cukup keras, padat, dan kuat mendukung beban bangunan tanpa menimbulkan penurunan yang berlebihan.
Pondasi terdiri dari :
- Pondasi dangkal ( shallow foundation )
- Pondasi dalam ( deep foundation )

Pondasi dangkal digunakan bila letak tanah kerasnya berada dekat dengan permukaan tanah, yang kedalaman pondasi kurang atau sama dengan lebar pondasi ( D ≤ B ).
Pondasi dangkal terdiri dari : Pondasi telapak, cakar ayam, sarang laba-laba, gasing, grid, dan lain-lain.

Pondasi dalam terdiri dari : Pondasi sumuran, tiang, kaison.

Suatu jenis pondasi mempunyai karakteristik penggunaan tertentu. oleh karena itu, dalam mendisain pondasi perlu dibuat alternatif yang kemudian dipilih alternatif yang terbaik berdasarkan kriteria secara teknis,kemudahan pelaksanaan, ekonomis, dan dampak lingkungan.

Agar dapat hasil yang baik maka perlu mempunyai pengetahuan tentang permasalahan pondasi.Pada dasarnya permasalahan pondasi ada 2 yaitu :
- umum : stabilitas ( daya dukung , geser, dan guling ), perbaikan tanah, kelongsoran lereng, dan pengaruh air bersih.
khusus : getaran, daerah lendutan tambang ( minyak, air, dsb), ledakan gempa bumi, dll

sumber  oleh: mirasyifa     Pengarang: Zainal nur A; ing; htl; Sri respati N
 

Mengenai Saya

Foto Saya
DESAIN OMAHKU
Nama saya Rini FU Saya lulusan Universitas negeri malang dan pasca sarjana di universitas brawijaya malang. Dan sampai sekarang mengajar di salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di kota malang. Bila Anda perlu bimbingan belajar untuk skripsi atau thesis atau membutuhkan desain rumah 2D/ 3D, RAB atau desain struktur Hubungi Kami di 085 234 094 636 email : rynfu_sheara@yahoo.co.id
Lihat profil lengkapku

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis email kamu disini untuk berlangganan gratis via email, kamu akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit :

Delivered by FeedBurner

Update Artikel