Pondasi Umpak dan Sloof Precast

Pada bangunan rumah tinggal sederhana (1 lantai) umumnya menggunakan pondasi batu kali atau pondasi setempat sebagai sistem pondasinya. Bentuk / ukuran dari pondasi tersebut biasanya tidak terlalu besar mengingat beban untuk rumah sederhana tidak sebesar dibandingkan bangunan bertingkat 2 atau lebih.
Pada proyek ini terdapat direksi keet (kantor lapangan) yang berbentuk bangunan semi permanen. Ada yang menarik ketika membangun direksi keet proyek ini, yaitu sloof dan pondasinya yang di precast. Mungkin terdengar aneh, sehingga muncul pertanyaan “Untuk apa sloof dan pondasi di precast?” atau justru “sloof dan pondasi precast, itu sih biasa”. Ya semua itu semua adalah pendapat masing-masing.
Bagi saya, melihat sloof dan pondasi di precast ketika membangun direksi keet ini adalah sesuatu yang cukup unik, sehingga saya merasa perlu untuk menceritakannya disini.
Dengan direksi keet yang terdiri dari 5 bangunan utama, precast pondasi ini cukup efisien untuk dilaksanakan. Bayangkan untuk membangun sloof direksi keet seperti ini.
Hanya dibutuhkan bekisting seperti ini.
Selain itu sistem precast ini membuat pekerjaan jauh lebih cepat, karena pondasi dan sloof sudah diproduksi terlebih dahulu, sehingga pada saat lahan siap untuk dikerjakan, sloof dan pondasi tinggal install dilapangan.
Berikut adalah beberapa foto pada saat pelaksanaan precast sloof :
  1. Siapkan bekisting sloof, olesi dengan minyak bekisting, dan pasang pembesian sloof.
  2. Cor sloof dengan panjang yang direncanakan, (panjang sloof yang ingin dicor dapat berubah dengan menggeser-geser salah satu sisi bekisting, tergantung kebutuhan dilapangan)
  3. Untuk pondasi umpak, bekistingnya menggunakan ember yang bagian bawahnya dilubangi
  4. Sebelum pengecoran bagian atas, telapak pondasi yg berbentuk persegi dicor terlebih dahulu. Pemasangan pembesian pada pondasi umpak berbarengan pada saat pengecoran.
  5. Setelah berumur 12~24 jam, bekisting dapat dibongkar, sloof dan pondasi umpak dapat ditumpuk atau dapat juga langsung diinstal.
  6. Bekisting dapat digunakan untuk mengecor kembali

- PROSES INSTALL NYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT -

  1. Pasang patok / marking untuk posisi pondasi umpak, gali sebagian tanahnya.
  2. Setelah pondasi umpak terpasang, install sloof diatasnya.
  3. Cor pertemuan antara sloof dan pondasi umpak agar monolit.
  4. Setelah seluruh bangunan sloof dan pondasi umpak terpasang monolit, dilanjutkan pengurugan dan pemadatan tanah 
sumber http://pekerjasipil.wordpress.com
              Pelayanan jasa design rumah klik disini

Penulis : DESAIN OMAHKU ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pondasi Umpak dan Sloof Precast ini dipublish oleh DESAIN OMAHKU pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pondasi Umpak dan Sloof Precast
 

Mengenai Saya

Foto Saya
DESAIN OMAHKU
Nama saya Rini FU Saya lulusan Universitas negeri malang dan pasca sarjana di universitas brawijaya malang. Dan sampai sekarang mengajar di salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di kota malang. Bila Anda perlu bimbingan belajar untuk skripsi atau thesis atau membutuhkan desain rumah 2D/ 3D, RAB atau desain struktur Hubungi Kami di 085 234 094 636 email : rynfu_sheara@yahoo.co.id
Lihat profil lengkapku

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis email kamu disini untuk berlangganan gratis via email, kamu akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit :

Delivered by FeedBurner

Update Artikel